Pengantar Pembelajaran Jarak Jauh

Bapak dan Ibu guru, bagaimana hasil asesmen pra yang telah Anda selesaikan? Apakah mendapat hasil maksimal atau sebaliknya? Jika hasil yang Anda peroleh kurang memuaskan, jangan khawatir. Kita akan belajar memahami secara utuh setiap topik yang akan Anda pelajari sehingga nantinya Anda mendapat hasil yang sempurna pada bagian akhir di asesmen pasca. Mari, kita mulai!

Topik pertama mengenai konsep pembelajaran jarak jauh. Saat ini, tentu tidak asing bagi Anda mengenal istilah pembelajaran jarak jauh, bahkan Anda telah menerapkannya. Tetapi, apakah Anda pernah merefleksikan pembelajaran jarak jauh yang Anda lakukan? Sebenarnya apa tujuan dari PJJ ini? Mengapa kita harus bersusah payah merancang PJJ dengan benar?

Sejak diterbitkan Surat Edaran Kemdikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, pembelajaran dilakukan secara jarak jauh, baik daring (dalam jaringan) maupun luring (luar jaringan. Kondisi darurat Covid-19 berdampak pada proses pembelajaran untuk sementara tidak lagi dilakukan secara tatap muka. Apakah Bapak dan Ibu guru Merasa kebingungan? Wajar karena kondisi ini sangat berbeda dari keadaan normal. 

Lantas, sebagai pendidik apa yang Anda lakukan? Memilih mengikuti sewajarnya karena suatu keharusan atau adaptif dengan mencari informasi dari berbagai perspektif? Sejatinya, pendidikan merupakan suatu proses dinamis. Dalam kondisi apapun, pengalaman belajar yang bermakna diperlukan agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Lalu, apa saja tantangan yang dihadapi guru dalam melaksanakan PJJ? Silakan menuju aktivitas berikutnya untuk mempelajari lebih lanjut.

Klik pada tombol “Tandai Telah Selesai” untuk melaporkan pada sistem bahwa Anda sudah menyelesaikan pelajaran pada modul ini.