Mempertimbangkan Pengalaman Belajar Siswa

Pada sesi sebelumnya, Bapak dan Ibu guru telah memahami prinsip mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran serta manfaatnya bagi pembelajaran. 

Untuk dapat mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran secara maksimal, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, terutama mengenai pengalaman belajar yang dialami siswa. 

Sebelumnya melangkah lebih lanjut, mari kita pelajari piramida pengalaman belajar oleh Edgar Dale berikut ini.

Menurut penelitian Dale, metode yang paling tidak efektif berada di bagian teratas piramida dan metode yang paling efektif berada di bagian paling bawah. Pengalaman belajar diberikan dengan tujuan mewakili kenyataan atau hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang nyata. Semakin jauh Anda bergerak ke bawah piramida, semakin besar pengalaman pembelajarannya dan semakin banyak informasi yang mungkin disimpan siswa. 

Hal ini juga menunjukan bahwa ketika memilih metode pembelajaran, penting untuk Bapak dan Ibu guru ingat bahwa pelibatan siswa dalam proses memperkuat retensi pengetahuan yang didapatkannya. Dengan melihat piramida  pengalaman  belajar Dale diatas, maka Bapak dan Ibu guru dapat menghubungkan keterkaitan antara tujuan pembelajaran, pengalaman belajar dengan pilihan metode pembelajaran, serta penggunaan teknologi dan media pembelajaran, serta berbagai sumber belajar. 

Dari piramida tersebut, bagian mana yang paling sering Anda gunakan selama ini? Aktivitas apa yang sering Anda lakukan dalam pembelajaran di kelas? Jika Anda diminta memilih kegiatan yang baru di kelas, Apa yang Anda ingin lakukan? Silahkan berikan komentar Anda  pada kolom komentar dibawah ini.